Cara setting FD Front Derailleur Sepeda 3 chainring

Para goweser kadang kita jarang menggunakan FD front derailleur sepeda untuk mengatur kecepetan ketika  menggowes namun kita juga perlu menggunakan FD untuk memaksimalkan seberapa nyaman ketika mengayuh sepeda apalagi sudah dalam kondisi kelelahan. Biasanya para goweser pemula belum tahu apa fungsi nya dari FD front derailleur dan biasa nya di sepeda MTB yang sering di jumpai  rata-rata terdiri dari 3 chainring berikut fungsi nya :

1.Chainring Paling kecil FD (untuk mengayuh sepeda paling ringan).

2.Chainring Sedang FD  (untuk mengayuh sepeda tidak terlalu ringan atau berat).

3.Chairing Paling besar FD (untuk mengayuh sepeda paling berat).

Front Derailleur ini memang biasa nya jarang di gunakan untuk penggowes meraka hanya memindahkan RD  rear derailleur sepeda saja namun FD ini juga memiliki peran penting ketika kita menggowes sepeda. Contoh nya begini ketika memindahkan RD rear derailleur belakang dari seproket paling kecil dan FD di chainring paling kecil otomatis posisi rantai sepeda di sama-sama paling kecil kemudian kita ingin menggowes di posisi paling ringan berarti kita memindahkan ke posisi RD  rear derailleur ke seproket paling besar dan biasa nya yang saya sering temui rantai sepeda menyentuh FD front derailleur sepeda yang mengakibatkan bunyi yang kasar akibat gesekan rantai sepeda menyentuh FD front derailleur.

Kemudian FD front derailleur jika mengalami masalah ketika kita memindahkan shifter sepeda misal nya dari 1 ke 3 kemudian rantai sepeda lepas ataupun lompat  dari chainring berarti FD front derailleur perlu di setting ulang bukan rusak karena FD front derailleur sangat jarang terjadi kerusakan. Cara-cara setting nya bisa ikut panduan di bawah ini.

Cara setting  FD front Derailleur sepeda 3 chainring :

1.Siapkan obeng kembang,kunci l atau kunci pas 8-9.

2.Cek FD front derailleur dengan sifter apakah posisi sama.

3.Jika posisi sama kalian tinggal putar baut antara low ajustment (L) atau High adjusment (H)
tinggal atur posisi antara chainring terkecil dan terbesar  untuk posisi terkecil bisa putar baut low adjusment dan untuk posisi terbesar bisa putar high adjusment pastikan FD dan chainring lurus jarak ketinggian 0,5-3 mm semua tergantung seberapa smoth biasanya saya by felling gak pakek ukuran patokan nya berapa jarak yang paling bener. Untuk mengatur smooth nya kalian bisa putar kabel shifter FD  Frontderailleur.

4.Jika FD Frot Deraiilleur kita pindahkan terus rantai lompat atau keluar dari chaniring kita harus setting ulang Fd Frotderailleur Tahapan nya.

a.Lepaskan tali shifter yang ada di FD frontderailleur menngunakan kunci L atau kunci pas 8-9 karena FD setiap sepeda beda-beda ya.

b.Atur ketinggian FD front derailleur  0,5-3 mm dengan chainring atau crank sepeda.

c.Cek atur kelurusan FD front derailleur menggunakan tangan apakah udah lurus antara chainring paling kecil hingga paling besar jika belum tinggal putar di  baut antara low ajustment (L) atau High adjusment (H) tinggal atur posisi antara chainring terkecil dan terbesar  untuk posisi terkecil bisa putar baut (L) low adjusment dan untuk posisi terbesar bisa putar (H) high adjusment.

d.Setelah lurus dan ketinggian di kira udah pas ketinggian jarak antara FD Front derailleur dan chainring tinggal pasang kabel shifter jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor.

e.Coba cek untuk memastikan apakah masih lompat atau keluar jalur jika masih pasti FD front derrailleur belum pas  ataupun kabel shifter terlalu kencang atau kendor.

emang untuk setting FD frontderailleur ini perlu felling yang tinggi apalagi yang pertama kali karena lebih susah dari pada setting RD rear derailleur.Saya sendiri perlu 3 bulan buat belajar setting FD jika masih bingung bawalah ke pada ahli nya di bengkel sepeda terdekat.


Comments

Popular posts from this blog

Situs web penghasil uang dollar paypal tanpa modal tanpa deposit

Terbaru web penghasil dollar 2020 terbukti membayar

Website penghasil paypal uang dollar 100 % legit

Blocksmash.io penghasil uang dollar tugas mudah

Cara mengatasi rd sepeda yang bengkok